ptsdalampetas.jpg

PTS dalam PETA

Untuk lebih memberikan keluasan informasi tentang perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah V, aplikasi peta perguruan tinggi swasta memberikan informasi posisi PTS dan informasi lain tentang Program studi dan Akreditasi.
« 1 »
Mahasiswa Teknik Informatika -Juara lomba GIS
54.205.59.78 | Pengirim : INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND | 09 Oktober 2009

Setelah melalui seluruh tahapan seleksi, salah satu dari dua mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, IST AKPRIND Yogyakarta yang sebelumnya menjadi nominator dalam lomba pembuatan Sistem Informasi Geografi (SIG) Pendidikan Tinggi DIY (SIG-PT-DIY), akhirnya berhasil mengantongi Juara II dalam lomba tersebut.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Propinsi DIY telah menetapkan 3 pemenang, yaitu Juara I dari UGM, Juara II dari IST AKPRIND, dan Juara III dari UIN. Penetapan juara tersebut dilakukan setelah melalui  tahapan seleksi akhir berupa presentasi hasil penelitian (5/9/2009). Karya yang berhasil menjadi juara II tersebut berjudul Implementasi Content Management System (CMS) sebagai SIG Pendidikan Tinggi DIY dikembangkan oleh Didik Amir Wahyudi, mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, IST AKPRIND Yogyakarta.

Dalam laporannya, Didik Amir Wahyudi menjelaskan, SIG-PT-DIY yang dikembangkan merupakan aplikasi yang dibangun dengan memanfaatkan Content Management System (CMS) joomla sebagai web base dan google map untuk menampilkan peta online berdasarkan pencitraan dari satelit. Sesuai ketentuan, kedua software yang digunakan bersifat free dan open source. Sistem yang dikembangkan berbasis web yang dapat diakses oleh user biasa sebagai pengunjung situs dan user administrator sebagai pengelola situs. Pada halaman utama situs, user pengunjung situs dapat mengakses berbagai informasi tentang PT di DIY dengan leluasa melalui link yang disediakan. Tampilan halaman utama situs dilengkapi dengan bagian slide show yang berisi slide tentang PT dan direlasikan dengan alamat situs web masing-masing PT. SIG-PT-DIY memberikan fasilitas dan menyediakan informasi antara lain: 1). Informasi Profil PT (identitas PT, identitas pengelola, PTN, sejarah singkat PT, susunan pengurus PT, serta informasi Fakultas, Jurusan, dan akreditasi; 2). Informasi sarana prasarana di PT, 3). Prestasi dan keunggulan setiap PT, 4). Peta DIY dan lokasi peta setiap PT di peta  yang menampilkan informasi jalan, pencitraan dari satelit dan bentuk permukaan bumi, serta detail informasi PT yang dilengkapi dengan gambar; 5). Presentase hasil polling berdasarkan tema tertentu, data pengunjung, waktu, dan kalender; 6). Forum diskusi untuk untuk sarana komunikasi antar user secara real time); serta 7). Petunjuk penggunaan fitur yang ada pada SIG-PT-DIY.

Kelebihan sistem tampak pada sifat interaktif peta yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan sebuah PT dengan memanfaatkan google map. Sistem dilengkapi dengan gambar, foto, dan video, sehingga user seolah-olah berada di lingkungan PT yang bersangkutan. Selain itu, aplikasi dikemas dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga dapat dipahami oleh user di luar negeri. Sistem juga menyediakan fasilitas yang memudahkan user administrator untuk melakukan pengelolaan data dan konfigurasi sistem, baik obyek di peta, peta setiap PT, maupun data detail PT.

Keberhasilan tersebut, menurut Ketua Jurusan Teknik Informatika Edhy Sutanta, S.T., M.Kom. merupakan salah satu bukti bahwa bidang Informatika merupakan bidang yang sangat potensial untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa. Selain itu juga menunjukkan bahwa mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, IST AKPRIND Yogyakarta mampu bersaing dengan mahasiswa dari berbagai PT di DIY yang jumlahnya sangat banyak, termasuk bersaing dengan mahasiswa PTN. Dan, dalam waktu dekat, salah satu tim mahasiswa Teknik Informatika juga akan bertolak ke Bandung dalam rangka Final Lomba Gemastik Tahun 2009. Atas keberhasilan tersebut, Dekan Fakultas Teknologi Industri, IST AKPRIND Muhammad Sholeh, S.T., M.T. berpesan agar mahasiswa Teknik Informatika, FTI, IST AKPRIND khususnya, dapat terus mengembangkan prestasi melalui berbagai kegiatan dan lomba yang saat ini semakin banyak diselenggarakan oleh berbagai instansi, baik tingkat lokal, nasional, maupun global.